:: SMAN 80 Jakarta ::

Wednesday, May 02, 2007

Hasil Seni Rupa Siswa Dipamerkan

Sekitar 200 karya seni rupa pilihan, hasil dari ujian seni rupa siswa SMA Negeri 80, Sunter, Jakarta Utara dipamerkan di ruang kelas yang disulap menjadi ruang pamer nan cantik dengan nuansa sederhana namun penuh artistik untuk menunjang para siswa menikmati hasil karyanya sendiri.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 80 Drs. Jara Juhara yang membuka langsung pameran seni rupa ini mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini daya kreatifitas siswa dapat lebih berkembang. “ Ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi sekolah untuk membimbing siswa-siswinya dalam merangsang kreativitas bidang seni.” ujar Jara Juhara sambil menikmati lukisan dan prakarya anak didiknya, Rabu (02/05).

Menurut Guru Seni Rupa SMA Negeri 80 Nurjani, pameran seni rupa akan berlangsung selama 3 hari. Untuk hari pertama ditampilkan hasil karya sekitar 150 siswa kelas XII IPS dan keesokan harinya diselingi dengan pertunjukan sekaligus ujian praktek seni musik untuk kemudian dihari terakhir akan menampilkan hasil dari siswa kelas XII IPA. Pameran seni rupa ini merupakan program kurikulum sekolah yang wajib diikuti oleh semua siswa kelas XII baik peminatan IPA dan IPS. "Sebelumnya hasil kaya siswa ini kita nilai terlebih dahulu sebagai hasil prakarya siswa," kata Nurjani.

Sementara itu Ermi Yunizar (18) salah satu murid Kelas XII IPS 3 mengatakan karya-karya yang dipajang merupakan hasil dari ujian fase I berupa lukisan yang dibuat sendiri. Selain itu ditampilkan pula hasil karya ujian fase II berupa klartu undangan sebagai karya pendukung. "Untuk fase III kita diwajibkan membuat prakarya kelompok. Untuk pembuatannya sendiri kita diberikan waktu 2 bulan mulai dari fase I hingga III," jelas Ermi.

Hasil karya seni yang dipamerkan antara lain lukisan dengan dasar kanvas, kartu undangan dan prakarya seperti hiasan bunga yang terbuat dari sabun, hiasan kapal laut yang berada dalam botol dan masih banyak lagi hasil kreativitas siswa-siswi ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home